15 Cara Memilih Buah Segar dan Berkualitas

Ingatkah Anda dulu saat sekolah diajari untuk selalu mengonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna? Buah adalah salah satunya. Mungkin saat Anda membeli buah-buahan nampak baik. Tetapi setelah disajikan dan dikonsumsi di rumah, buahnya jauh berbeda dari kondisi sebelumnya. Mengapa? Trus Bagaimana cara memlilih buah segar dan berkualitas?

Karena, banyak produsen/pedagang ‘nakal’ yang memanen buah saat masih mentah agar matang ketika dijual. Walaupun demikian tetap ada yang masih mentah. Tidak hanya itu, banyak yang mengakali buah agar tahan lama (awet) dengan bahan kimia lalu diletakkan di cooling display agar segar karena suhu terjaga.

Cara Memilih Buah Segar Dan Berkualitas

Ada beberapa tips yang bisa Anda praktekan saat akan membeli buah.

1. Apel

Ketuk apel dengan jari. Jika bunyinya nyaring berarti apel masih segar karena mengandung banyak air. Pilih apel yang keras jika ditekan. Lihat tampilan luarnya, jangan pilih yang ada bercak putih untuk menghindari apel berpestisida tinggi. Lihat warna batang/tangkai apel. Jika warnanya sudah menghitaam berarti apel sudah dipetik > 3 bulan.

cara memilih buah apel yang bagus

2. Mangga

Pilih yang aroma khas mangga dari pangkal sampai ujung. Mangga segar warna khas bonggol (ujung batang) kekuningan. Perhatikan bagian antara bonggol dan buah serta ujungnya, pilih yang tidak ada bekas suntikan/lubang.

cara memilih buah mangga yang bagus

3. Alpukat

Kocok alpukat, jika terdengar bunyi biji yang lepas dari buah berarti sudah matang. Lihat kulit alpukat, jika warna hijaunya mulus/halus berarti sudah matang.

cara memilih buah alpukat yang bagus

4. Jeruk

Untuk jeruk dengan kulit tebal, pilih warna kuning yang tidak benar-benar kuning artinya terbebas dari pewarna buatan. Penampakannya pilih yang mulus tidak berbintik. Perlahan, tancapkan ujung kuku ke bagian kulit luar jeruk. Jika lembut berarti jeruk masih segar. Genggam jeruk dan pilih yang tidak terlalu lembek.

Baca juga :  Cara Membuat Pupuk Organik Sendiri Di Rumah

Untuk jeruk dengan kulit yang lebih tipis, biasanya warnanya kehijauan. Pilih jeruk yang tidak lembek saat digenggam, kulit tipis mengkilap, jangan yang terlalu besar karena biasanya lebih masam.

cara memilih buah jeruk yang bagus

5. Durian

Pilih durian yang bau khasnya terasa (harum), sedikit merekah, kulitnya agak lunak, kerapatan durinya wajar, bentuk bulat, daging buah tebal dan berjuring 5 atau 6. Juring-juring dapat dilihat jika durian dibelah, dilihat dari garis belahan di permukaan kulitnya.

cara memilih buah durian yang bagus

6. Melon

Jika kulit melon memiliki urat padat dan sedikit empuk jika ditekan berarti sudah matang. Pilih yang aromanya khas, warna daging kekuningan, bonggol nampak merekah dan guncang melon maka terdengar bunyi seperti biji daging terlepas.

cara memilih buah melon yang bagus

7. Pepaya

Pilih buah yang lurus yaitu kedua ujungnya hampir sama ukurannya, bukan melengkung seperti gitar. Pilih yang kulitnya mulus, tidak memar, tidak berbintik. Jika pepaya dijual setengah dipotong, jangan pilih yang warna buahnya terlalu jingga kemerahan dan tidak ada gradasi antara daging dekat kulit dengan daging di pusat buah.

cara memilih buah pepaya yang bagus

8. Pisang

Pilih yang warna kuning (pas), tekstur mulus, kulit agak tipis, bonggol belum terlalu kering.

cara memilih buah pisang yang bagus

9. Jambu biji

Genggam jambu biji. Jika terlalu lembek berarti jambu biji sudah hampir busuk. Pilih yang aromanya tidak terlalu menyengat. Jangan pilih yang ada lubang bekas suntikan, dilihat dari bagian antara buah dan bonggol.

cara memilih buah jambu biji yang bagus

10. Semangka

Jika dipukul terdengar suara mantap, tidak terlalu padat maupun kopong. Pilih batang yang agak mekar dan warnanya belum menghitam. Jika semangka dibelah, pilih yang dagingnya terlihat berserat dan warnanya agak pudar.

cara memilih buah semangka yang bagus

11. Anggur

Pilih anggur yang masih melekat di tangkainya. Pilih yang warna tangkainya masih segar. Lihat ketebalan kulitnya. Jika kulitnya tipis, daging buah membulat dan tidak mengerut berarti anggur masih segar untuk dikonsumsi.

Baca juga :  13 Persyaratan Kemasan Yang Baik Untuk Produk Pangan

cara memilih buah jambu anggur yang bagus

12. Manggis

Tekan badan manggis. Jangan pilih yang terlalu keras atau lembek. Pilih yang warnanya ungu gelap mengkilap, tidak kepong/terasa ringan dan bonggolnya berwarna segar kehijauan.

cara memilih buah jambu manggis yang bagus

13. Duku

Duku yang matang seharusnya tidak terasa masam, warnanya kecoklatan (kadang sedikit kehitaman), kulit agak tipis dan lembut.

14. Untuk buah impor seperti apel, jangan pilih yang warnanya terlalu mengkilap. Karena itu adalah lapisan lilin yang sengaja diberikan agar buah lebih awet. Tetapi jika sudah terlanjur dibeli/diterima, rendam buah dalam air hangat atau kupas kulitnya sebelum dikonsumsi.

15. Pilih buah yang belum dikemas/disatukan dengan buah lain, karena tidak bisa dilihat kondisi setiap buah. Pilih buah yang masih berjajar bersama buah lain.

Demikian ulasan seputara bagaimana cara memilih buah segar dan berkualitas. Semoga bermanfaat 🙂

Berlangganan Email

Spread the love

Tertarik Dengan Blog ini dan Ingin Berlanggan Email?

Terima kasih. Link konfirmasi sudah dikirim ke email anda

Something went wrong.